Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

MANFAAT MEMBACA DALAM PENULISAN KARYA ILMIAH

1.        Pendahuluan
Karya ilmiah adalah sebuah istilah yaang tidak asing bagi mahasiswa. Seorang mahasiswa dituntut untuk dapat membuat suatu karya ilmiah. Bahkan untuk mencapai gelarnya, seorang mahasiswa dituntut untuk menciptakan suatu karya ilmiah yaitu skripsi, hal ini senada dengan penjelasan sebuah situs web yang mengatakan bahwa, “Di perguruan tinggi, khususnya jenjang S1, mahasiswa dilatih untuk menghasilkan karya ilmiah seperti makalah, laporan praktikum dan skripsi. (http://id.wikipedia.org/wiki/Karya_ilmiah).  
Bapak Alim Sumarno, M.Pd mengutarakan bahwa, “Karya ilmiah adalah suatu karya dalam bidang ilmu pengetahuan (science) dan teknologi yang berbentuk ilmiah”. Dalam membuat suatu karya ilmiah terdapat aturan-aturan yang mengikat, baik dari segi penulisan, pemilihan bahasa, penomoran, tata letak ataupun yang lainnya.
Untuk membuat suatu karya ilmiah, kita harus menggunakan sumber-sumber terpercaya agar dapat menciptakan suatu karya ilmiah yang baik dan bernalar. Sumber yang telah dianggap terpercaya, harus dibaca dan ditelaah dengan teliti.  Proses penelaahan memerlukan keahlian dalam membaca. Selain membaca sumber bahan, dalam tahap menyunting karya ilmiahpun membaca sangat diperlukan untuk merevisi karya ilmiah yang telah dibuat.
Dengan begitu, mahasiswa tidak dapat dipisahkan dari membaca. Masyarakat telah memiliki pandangan dan meyakini bahwa mahasiswa tidak lepas dari budaya membaca.

“Universitas adalah sebuah komunitas akademik yang sudah pasti selalu bersinggungan dengan bahan bacaan. Setiap saat, para mahasiswa bergelut dengan bahan-bahan literasi untuk menemukan berbagai ilmu pengetahuan, membongkar informasi dan mendiskusikan untuk meracik kebaruan-kebaruan yang difasilitasi dosen. Terkait dengan informasi ini, coba baca.”

Sudah jelas bahwasannya budaya membaca adalah budaya kita sebagai mahasiswa yang perlu kita junjung tinggi dan kita jaga kualitasnya agar menjadi ciri khas yang positif. Membaca dapat dilakukan di manapun dan kapanpun. Membaca adalah sumber informasi bagi kehidupan manusia. Lalu adakah manfaat membaca dalam pembuatan suatu karya ilmiah? Tentulah ada, beberapa telah dijelaskan di atas.


2.        Pembahasan
a.         Pengertian Membaca
Membaca merupakan suatu kegiatan rutin yang telah dilakukan sejak kanak-kanak. Membaca merupakan perintah pertama Allah swt. kepada umat manusia yang tercantum dalam Al-Qur’an surat Al-‘Alaq ayat 1-5 yang mengandung makna “

“Bacalah atas nama Tuhanmu yang menciptakan. Dia menciptakan manusia dari Al Alaq. Bacalah dan Tuhanmulah yang paling Permurah. Yang mengajar manusia dengan Qolam. Dia mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya”.
(QS Al Alaq 96 : 1-5)”

Dengan ayat ini, maka jelaslah bahwasannya dengan membaca kita telah melaksanakan perintah Allah swt. Selain itu, membaca adalah salah satu kegiatan yang paling ringan untuk menurunkan kalori. (http://www.dskon.com/3500-10-cara-untuk-membakar-kalori-yang-bisa-membantu-menurunkan-berat-badan/). Membaca merupakan aktivitas yang menyenangkan sekaligus mencerahkan serta membantu kita lebih berwawasan, sukses dan hidup lebih baik. (Andrew Ho).
Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui media kata – kata atau bahasa tulis. ( TARIGAN 1979 : 7 ). Membaca adalah kegiatan yang sangat penting dalam menunjang kehidupan sehari-hari. Begitu banyak informasi yang bisa kita dapatkan dengan membaca petunjuk-petunjuk yang ada. Mengingat akan pentingnya membaca, seorang sastrawan Inggris bernama Thomas Babington Macaulay (1800-1859) mengungkapkan, "Saya pilih menjadi orang miskin yang tinggal di pondok penuh buku daripada menjadi raja yang tak punya hasrat untuk membaca."

b.        Manfaat Membaca
Menurut Andrew Ho, (seorang pengusaha, motivator dan penulis buku-buku best seller) dalam tulisannya yang berjudul “Pentingnya Membaca”, manfaat membaca adalah sebagai berikut :

a).Senang membaca meningkatkan kecerdasan verbal dan lingusitik karena membaca memperkayaa kosakata dan kekuatan kata-kata. b). Membaca mencegah rabun mata, karena membaca melatih dan mengaktifkan otot-otot mata. c). Membaca mencegah kepikunan karena melibatkan tingkat konsentrasi lebih besar, mengaktifkan dan menyegarkan pikiran. d). Kegemaran membaca membantu meningkatkan kecerdasan, serta meningkatkan data kreativitas dan imajinasi. e). Membaca membantu memperbaiki rasa percaya diri, mengembangkan kemampuan memanajemen emosi dan meningkatkan kemampuan melakukan interaksi sosial positif di mana pun dan kapan pun. f). Membaca membentuk karakter dan kepribadian, sampai-sampai ada pepatah yang mengatakan, "Apa yang kita baca sekarang, seperti itulah kita 20 tahun yang akan datang". g). Membaca menjadikan kita lebih dewasa, lebih arif dan bijaksana dalam menjalani kehidupan. h). Membaca membangun pondasi yang kuat untuk dapat mempelajari dan memahami berbagai disiplin ilmu sekaligus mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Dari uraian di atas, jelaslah bahwa membaca memiliki manfaat yang luar biasa. Khususnya dalam penulisan sebuah karya ilmiah, membaca memegang peranan penting. Dengan membaca sumber bahan akan meningkatkan kualitas karya ilmiah yang telah disajikan. Membaca akan menghindarkan kita dari kepalsuan data. selain itu, membaca akan menyegarkan otak kita dari kepenatan. 

Daftar Pustaka

Ario. (2011). “10 Cara Menurunkan Kalori yang bisa Membantu Menurunkan Berat Badan”. Tersedia :  http://www.dskon.com/3500-10-cara-untuk-membakar-kalori-yang-bisa-membantu-menurunkan-berat-badan/  [1 April 2012]
Ayunirahma. (2010). “Makalah Pengertian Membaca, Keterampilan Mekanis dan Keterampilan Pemahaman”. Tersedia : http://ayunirahma.wordpress.com/2010/08/03/makalah-pengertian-membaca-ketrampilan-mekanis-dan-ketrampilan-pemahaman-2/ [2 April 2012]
Ho, Andrew. (2012). “Pentingnya Membaca”. Tersedia : http://www.andriewongso.com/artikel/viewarticleprint.php?idartikel=3120 [2 April 2012]
Firman. (2007). “Budaya Baca Mahasiswa Unitra”. Tersedia : http://venayaksa.multiply.com/journal/item/14/Budaya_Baca_Mahasiswa_Untirta_?&show_interstitial=1&u=%2Fjournal%2Fitem [1 April 2012]
Sumarno, Alim. (2011). “Pengertian Karya Ilmiah”. Tersedia : http://blog.elearning.unesa.ac.id/alim-sumarno/pengertian-karya-ilmiah  [1April 2012]

Oleh :
Tati Suryati
41032151111023
Pendidikan Matematika (2)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar