Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

KOMPONEN SILABUS

Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/ bahan/ alat belajar.
Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/ pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapian kompetensi untuk penilaian.
berikut ini akan dibahas dua jenis silabus yaitu silabus kurikulum tingkat satuan pendidikan dan silabus kurikulum 2013.
Komponen Silabus Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
1.      Standar Kompetensi
Merupakan seperangkat kompetensi yang dibakukan dan harus dicapai siswa sebagai hasil belajarnya dalam setiap satuan pendidikan (SKL). Digunakan untuk memandu penjabaran kompetensi dasar menjadi pengalaman belajar.
2.      Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar adalah kemampuan minimal pada tiap mata pelajaran yang harus dicapai siswa. Kompetensi dasar dalam silabus berfungsi untuk mengarahkan guru mengenai target yang harus dicapai dalam pembelajaran.
3.      Materi Pokok/Pembelajaran
Materi pokok adalah pokok-pokok materi yang harus dipelajari siswa sebagai sarana pencapaian kompetensi dasar dan yang akan dinilai dengan menggunakan instrumen penilaian yang disusun berdasarkan indikator  pencapaian belajar.
4.      Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran adalah bentuk atau pola umum kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Strategi pembelajaran meliputi kegiatan  tatap muka dan non tatap muka.
5.      Indikator
Indikator merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Indikator digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.
6.      Penilaian
Alat penilaian dapat berupa Tes dan Non Tes. Pada pembelajaran penilaian dilakukan untuk mengkaji ketercapaian Kompetensi Dasar dan Indikator pada tiap-tiap mata pelajaran.
7.       Alokasi Waktu
Penentuan alokasi waktu pada setiap kompetensi dasar didasarkan pada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran per minggu dengan mempertimbangkan jumlah kompetensi dasar, keluasan, kedalaman, tingkat kesulitan, dan tingkat kepentingan kompetensi dasar.
8.       Sumber Belajar
Sumber belajar adalah rujukan, objek dan/atau bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran. Sumber belajar dapat berupa media cetak dan elektronik, nara sumber, serta lingkungan fisik, alam, sosial, dan budaya. Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar serta materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.

Contoh Silabus KTSP

Nama Sekolah             :
Kelas/Semester            :
Mata Pelajaran            :
Waktu                         :
Standar Kompetensi    :

No
KD
Indikator
Kegiatan Pemb.
Materi Pembel
Penilaian
Sumber/Bahan

Komponen silabus Kurikulum 2013
1.      Identitas mata pelajaran
Khusus SMP/MTs/SMPLB/Paket B atau SMA/MA/SMALB/SMK/MAK/ Paket C/Paket C kejuruan.
2.      Identitas sekolah
Meliputi nama satuan pendidikan dan kelas.
3.      Kompetensi inti
Merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari peserta didik unthuk suatu jenjang sekolah, kelas dan mata pelajaran.
4.      Kompetensi dasar
Merupakan kemampuan spesifik yang mencakup sikap, keterampilan dan pengetahuan yang terkait muatan atau mata pelajaran.
5.      Tema
Khusus SD/MI/SDLB/Paket A
6.      Materi pokok
Memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.
7.      Pembelajaran
Kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik yang dilakukan untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.
8.      Penilaian
Proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk melakukan pencapaian hasil belajar peserta didik.
9.      Alokasi waktu
Sesuai dengan jumlah jam pelajaran dalam struktur kurikulum untuk satu semester atau satu tahun.
10.  Sumber belajar
Dapat berupa buku, media cetak dan elektronik, alam sekitar atau sumber belajar lain yang relevan.

Contoh Silabus Kurikulum 2013
Mata Pelajaran            :
Nama Sekolah             :
Kelas                           :
Kompetensi Inti          :

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar









Sumber :
8 oktober 2013
http://sanggurueka.wordpress.com/2013/05/04/silabus-dan-rpp-kurikulum-2013/

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar