Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

Analisis Ejaan dan Keefektifan Kalimat

1.      Andini Rizki Rilanti
Hal yang menyenangkan selama mengikuti perkuliahan bahasa Indonesia. Yaitu di saat saya  berkenalan dengan ibu Isna Sulastri yang melalui dunia maya. Saya senang sekali sudah berkenalan dengan beliau terlebih dahulu dibanding dengan teman saya yang ada di kelas. Beliau orang yang sangat baik, dari tutur kata yang disampaikan di kelas maupun di dunia maya, bliau orang yang sangat menyenangkan.Disaat pelajaran bahasa Indonesia saya senang di berikan tugas mambuat Blog, karena saya bisa lebih memahami tentang Blog, dan lebihh banyak ilmu.
2.      Mila Wiratania
Hal yang paling menyenangkan bagi saya saat di mata kuliah bahasa indonesia, adalah ketika ibu Isna memberikan tugas membuat sebuah blog dan mengisi blog tersebut dengan tugas materi yang telah diberikan kepada saya. Mengapa hal ini menyenangkan bagi saya karena hal itu dapat membuat saya yang awalnya saya tidak bisa membuat blog dan sekarang saya bisa membuat blog, selain itu juga tugas tersebut dapat menghemat biaya dan saat mengerjakan tugas menjadi lebih menyenangkan.
3.      Tati Suryati
Hal yang menyenangkan selama perkuliahan bahasa Indonesia adalah ketika menulis beberapa menit dengan tema yang telah ditentukan. Hal ini membuat saya seolah hidup kembali. Persiapan menghadapi ujian nasional, membuat saya harus berhenti menulis. Sekarang, dengan adanya perkuliahan bahasa Indonesia saya dapat mencurahkan ide-ide saya yang sempat terkubur beberapa waktu lalu. Terima kasih Bu Isna, kau telah menghidupkan kembali inspirasiku.
4.      Dini Siti Ulpiah
Hal yang paling menyenangkan selama mengikuti perkuliahan bahasa indonesia ialah ketika disuruh membuat blog lalu mampir ke blog Ibu Isna. Walaupun saya belum paham dan mengerti banget tentang blog dan apa itu blog, tapi saya merasa senang karena saya menjadi tau apa itu blog dan kegunaan blog, dengan begitu pengetahuan saya bertambah.
5.      Herni Apriani
Hal yang menyenangkan selama mengikuti perkuliahan Bahasa Indonesia yaitu ketika saya mengenal sosok seorang dosen yang asik diajak berdiskusi. Nama beliau Isna Sulastri. Saya mendapatkan banyak pengetahuan baru mengenai aturan - aturan dalam menulis. Sehingga perlahan - lahan saya tidak terlalu kaku dalam hal  menulis. Mesipun memang saya belum mahir dalam hal menulis. Tetapi saya selalu berusaha untuk memberikan hasil yang bagus. Walaupun tidak seutuhnya bagus.



Analisis Ejaan Yang Disempurnakan
NW
Tertulis
Seharusnya
Kode
1
a.       bahasa Indonesia
a.       Bahasa Indonesia
P1K1
b.      ibu Isna Sulastri
b.      Ibu Isna Sulastri
P1K2
c.       bliau
c.       Beliau
P1K4
d.      Disaat
d.      Di saat
P1K5
e.       bahasa Indonesia
e.       Bahasa Indonesia
P1K5
f.       di berikan
f.       diberikan
P1K5
g.      Blog
g.      blog
P1K5
h.      tentang Blog, dan lebihh banyak ilmu
h.      tentang blog dan lebih banyak ilmu
P1K5
2
a.       bahasa Indonesia
a.       Bahasa Indonesia
P2K1
b.      ibu Isna
b.      Ibu Isna
P2K1
3
a.       bahasa Indonesia
a.       Bahasa Indonesia
P3K1
b.      seolah
b.      seolah-olah
P3K2
c.       ujian nasional
c.       Ujian Nasional
P3K3
d.      bahasa Indonesia
d.      Bahasa Indonesia
P3K4
e.       Bu Isna
e.       Ibu Isna
P3K5
f.       Kau
f.       Engkau
P3K5
4
a.       bahasa Indonesia
a.       Bahasa Indonesia
P4K1
b.      disuruh
b.      diperintahkan
P4K1
c.       mampir
c.       mengunjungi
P4K1
d.      banget
d.      sangat, sekali
P4K2
5
a.       Mesipun
a.       Meskipun
P5K5
b.      dosen
b.      Dosen
P5K1


Analisis Keefektifan Kalimat
NW
Tertulis
Seharusnya
Kode
1
a.       Hal yang menyenangkan selama mengikuti perkuliahan bahasa Indonesia. Yaitu di saat saya berkenalan dengan ibu Isna Sulastri yang melalui dunia maya.
a.       Hal yang menyenangkan selama mengikuti perkuliahan Bahasa Indonesia yaitu di saat saya berkenalan dengan Ibu Isna Sulastri melalui dunia maya.
P1K1
b.      Beliau orang yang sangat baik, dari tutur kata yang disampaikan di kelas maupun di dunia maya beliau orang yang sangat menyenangkan.
b.      Beliau orang yang sangat baik, dari tutur kata yang disampaikan di kelas maupun di dunia maya. Beliau orang yang sangat menyenangkan.
P1K4
c.       Disaat pelajaran bahasa Indonesia saya senang di berikan tugas membuat Blog, karena saya bisa lebih memahami Blog, dan lebih banyak ilmu.
c.       Di saat pelajaran Bahasa Indonesia saya senang diberikan tugas membuat blog, karena saya bisa lebih memahami blog dan mendapat lebih banyak ilmu.
P1K5
d.      Saya senang sekali sudah berkenalan dengan beliau terlebih dahulu dibanding dengan teman saya yang ada di kelas.
d.      Saya senang sekali sudah berkenalan dengan beliau terlebih dahulu dibandingkan dengan teman saya yang ada di kelas.
P1K3
2
a.       Hal yang paling menyenangkan bagi saya saat di mata kulian bahasa indonesia, adalah ketika ibu Isna memberikan tugas membuat sebuah blog, dan mengisi blog terasebut dengan tugas materi yang telah diberikan kepada saya.
a.       Hal yang paling menyenangkan bagi saya saat mata kulian Bahasa Indonesia, adalah ketika Ibu Isna memberikan tugas membuat sebuah blog. Ibu Isna memberikan perintah untuk mengisi blog tersebut dengan tugas materi yang telah diberikan oleh Ibu Isna kepada saya.
P2K1
b.      Mengapa hal ini menyenangkan bagi saya karena hal itu dapat membuat saya yang awalnya saya tidak bisa membuat blog dan sekarang saya bisa membuat blog, selain itu juga tugas tersebut dapat menghemat biaya dan saat mengerjakan tugas menjadi lebih menyenangkan.
b.      Mengapa hal ini menyenangkan bagi saya, karena hal ini dapat membuat saya yang awalnya tidak bisa membuat blog menjadi bisa membuat blog. Selain itu, tugas tersebut dapat menghemat biaya dan saat mengerjakan tugas menjadi lebih menyenangkan.
P2K2
3
a.      Hal ini membuat saya seolah hidup kembali.
a.       Hal ini membuat saya seolah-olah hidup kembali.
P3K2
b.      Terima kasih Bu Isna, kau telah menghidupkan kembali inspirasiku.
b.      Terima kasih Ibu Isna, engkau telah menghidupkan kembali inspirasi saya.
P3K5
4
a.       Hal yang menyenangkan selama mengikuti perkuliahan bahasa indonesia yaitu ketika disuruh membuat blog lalu mampir ke blog Ibu Isna.
a.       Hal yang menyenangkan selama mengikuti perkuliahan Bahasa Indonesia yaitu ketika diberikan tugas untuk membuat blog, lalu mengunjungi blog Ibu Isna.
P4K1
b.      Walaupun saya belum paham dan mengerti banget tentang blog dan apa itu blog, tapi saya merasa senang karena saya menjadi tau apa itu blog dan kegunaan blog, dengan begitu pengetahuan saya bertambah.
b.      Walaupun saya belum paham dan mengerti tentang blog dan apa itu blog, tapi saya merasa senang karena saya menjadi tahu apa itu blog dan kegunaannya. Dengan begitu, pengetahuan saya bertambah.
P4K2
5
a.       Hal yang menyenangkan selama mengikuti perkuliahan Bahasa Indonesia yaitu ketika saya mengenal sosok seorang dosen yang asik diajak berdiskusi.
a.       Hal yang menyenangkan selama mengikuti perkuliahan Bahasa Indonesia yaitu ketika saya mengenal seorang Dosen yang asik diajak berdiskusi.
P5K1
b.      Nama beliau Isna Sulastri.
b.      Beliau bernama Isna Sulastri.
P5K2
c.       Sehingga perlahan-lahan saya tidak terlalu kaku dalam hal menulis.
c.       Sehingga perlahan-lahan saya tidak terlalu kaku dalam menulis.
P5K4
d.      Mesipun memang saya belum mahir dalam hal menulis.
d.      Meskipun begitu, saya belum mahir dalam menulis.
P5K5
e.       Tetapi saya selalu berusaha untuk memberikan hasil yang bagus.
e.       Tetapi saya selalu berusaha untuk memberikan hasil yang baik
P5K6
f.       Walaupun tidak seutuhnya bagus.
f.       Walaupun tidak seutuhnya benar.
P5K7

    • Digg
    • Del.icio.us
    • StumbleUpon
    • Reddit
    • RSS

    0 komentar:

    Posting Komentar