Etnomatematika
diperkenalkan oleh D'Ambrosio, seorang matematikawan Brasil pada tahun 1977.
Definisi
etnomatematika menurut D'Ambrosio adalah: Secara bahasa, awalan “ethno”
diartikan sebagai sesuatu yang sangat luas yang mengacu pada konteks sosial
budaya, termasuk bahasa, jargon, kode perilaku, mitos, dan symbol.
Kata dasar “mathema” cenderung berarti menjelaskan, mengetahui, memahami, dan
melakukan kegiatan seperti pengkodean,
mengukur, mengklasifikasi, menyimpulkan, dan pemodelan. Akhiran “tics “
berasal dari techne, dan bermakna sama seperti teknik. Sedangkan secara
istilah etnomatematika diartikan sebagai: matematika yang dipraktekkan diantara
kelompok budaya diidentifikasi seperti masyarakat nasional suku, kelompok
buruh, anak-anak dari kelompok usia tertentu dan kelas profesional"
(D'Ambrosio, 1985). Dari definisi tersebut maka ethnomnatematika memiliki
pengertian yang lebih luas dari hanya sekedar ethno (etnik) maka etnomatematika
didefinisikan sebagai antropology budaya (culture antropology of mathematics)
dari matematika dan pendidikan matematika.
Dari
definisi tersebut etnomatematika dapatdiartikan sebagai matematika yag
dipraktikkan oleh kelompok budaya, seperti masyarakat perkotaan dan pedesaan,
kelompok buruh, anak-anak dari kelompok usia tertentu, masyarakatadat, dan
lainnya.
D'Ambrosio
(1985) menyatakan bahwa tujuan dari adanya etnomatematika adalah untuk mengakui
bahwa ada cara-cara berbeda dalam melakukan matematika dengan mempertimbangkan pengetahuan
matematika akademik yang dikembangkan oleh berbagai sektor masyarakat serta
dengan mempertimbangkan modus yang berbeda dimana budaya yang berbeda merundingkan
praktek matematika mereka (cara mengelompokkan, berhitung, mengukur, merancang
bangunan atau alat, bermain danlainnya). Dengan demikian, sebagai hasil dari
sejarah budaya matematika dapat memiliki bentuk yang berbeda-beda dan
berkembang sesuai dengan perkembangan masyarakat pemakainya. Etnomatematika
menggunakan konsep matematika secara luas yang terkait dengan berbagai
aktivitas matematika, meliputi aktivitas mengelompokkan, berhitung, mengukur, merancang
bangunan atau alat, bermain, menentukan lokasi, dan lain sebagainya.
Copyright :
Rachmawati, Inda. 2013. Eksplorasi Ethnomatematika Masyarakat Sidoarjo. [Online]. Tersedia:
http://id.scribd.com/doc/99329813/Eksplorasi-Etnomatematika-Masyarakat-Sidoarjo-Journal.
[15 Oktober 2013]
0 komentar:
Posting Komentar