Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

Tugas PKN kelas 8 beserta jawabannya

1.        Sebutkan sanksi dari norma asama, hukum, susila dan kesopanan.
Jawaban:
Sanksi norma agama belum riil, sanksi ada dua positif (reward) & negatif (punishment). Sanksi merupakan reaksi atas pelanggaran terhadap norma. Dalam norma agama tidak hanya membebani kewajiban namun juga hak, yaitu hak anak, hak istri/suami. Kewajiban berisii perintah & larangan, daya kerja = hak & kewajiban
sanksi norma susila : malu, merasa bersalah, tidak nyaman. Daya kerja : membebani dengan kewajiban yang berisi perintah & larangan
sanksi norma hukum adalah penjara, hukuman.
Sanksi : pengucilan, teguran, caci maki

2.      Apa arti dari ibi societas ibi ius?
Jawaban:
Di mana ada masyarakat, di situ ada hukum

3.      Jelaskan hukum publik, privat, hukum adat dan contohnya!
Jawaban:        
Pengertian Hukum Publik adalah peraturan hukum yang mengatur tentang hubungan hukum antara warga Negara dengan Negara yang menyangkut kepentingan umum. Hukum publik merupakan hukum yang mengatur public/ masyarakat. Hukum publik juga bisa disebut dengan Hukum Negara.
Berikut ini adalah Yang termasuk hukum publik:
a.       Hukum Tata Negara.
b.      Hukum Administrasi Negara.
c.       Hukum Pidana.
d.      Hukum Internasional Publik.
Hukum Privat (Perdata) adalah ketetapan hukum yang mengatur kepentingan dan hak-hak orang perorangan perdata maksudnya yaitu hubungan antar individu dengan individu lain yang sifatnya pribadi/ khusus.
Yang terermasuk hukum privat/ perdata yaitu:
a.       Hukum pribadi.
b.      Hukum Keluarga.
c.       Hukum Kekayaan.
d.      Hukum Waris.
e.       Hukum Dagang.
f.       Hukum Adat.
Pengertian Hukum Adat adalah hukum/ peraturan tidak tertulis yang tumbuh dan berkembang di dalam masyarakat yang hanya ditaati oleh masyarakat yang bersangkutan. Hukum adat mempunyai kemampuan menyesuaikan diri dan elastis karena peraturan-peraturannya tidak tertulis. Dalam hukum adat dikenal juga Masyarakat Hukum adat yaitu sekumpulan orang yang di ikat oleh tatanan hukum/ peraturan adat sebagai warga bersama dalams satu persekutuan hukum yang tumbuh karena  dasar keturunan ataupun kesamaan lokasi tempat tinggal.


4.      Sebutkan arti dan tokohnya dari kedaulatan tuhan, rakyat dan hukum!
Jawaban:
Teori kedaulatan Tuhan adalah sebuah teori yang dikemukakan tokoh penganut-penganut teori teokrasi.Sebagian dari mereka adalah Augustinus (354-430 M), Thomas Aquinas (1225-1274 M) dan Marsilius (1280-1343 M). Pendapat mereka sebenarnya sama. Tuhan ditetapkan sebagai pemilik kekuasaan yang tertinggi.
Kedaulatan hukum adalah suatu kedaulatan tertinggi diletakan pada hukum yang berlaku. Perintis Teori Kedaulatan Hukum adalah seorang ahli hukum terkemuka dari Universitas Leiden, Belanda , Hugo Krabbe (1857 – 1936). 
Kedaulatan rakyat adalah kewenangan tertinggi berada di tangan rakyat. Teori kedaulatan rakyat yang dipelopori John Locke dan dikembangkan oleh J.J.Rousseau yang meletakkan kedaulatan kepada seluruh rakyat.

5.      Sebutkan fungsi dan kedudukan pancasila!
Jawaban:
a.       Pancasila Sebagai Dasar Negara
b.      Pancasila Sebagai Pandangan Hidup
c.       Pancasila sebagai Ideologi Bangsa Indonesia
d.      Pancasila sebagai Sumbet Segala Sumber Hukum
e.       Pancasila Sebagai Jiwa Bangsa Indonesia
f.       Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia
g.      Pancasila Sebagai Cita-Cita dan Tujuan Nasional
h.      Pancasila Sebagai Perjanjian Luhur Bangsa Indonesia

6.      Jelaskan sifat dan fungsi konstitusi
Jawaban:
Sifat pokok konstitusi negara adalah flexible (luwes) dan rigid (kaku).
Konstitusi dikatakan flexible, bila pembuatan konstitusi menetapkan cara mengubahnya tidak berat, dengan mempertimbangkan perkembangan masyarakat sehingga mudah mengikuti perkembangan zaman (contoh Inggris, dan Selandia Baru).
Konstitusi bersifat rigid bila pembuat konstitusi menetapkan cara perubahan carayang sulit dengan maksud agar tidak mudah diubah hukum dasarnya (contoh : Amerika , Kanada, Jerman, dan Indonesia).
Fungsi pokok konstitusi atau Undang Undang Dasar adalah untuk membatasi kekuasaan pemerintah sedemikian rupa sehingga penyelenggaraan kekuasaan tidak bersifat sewenang-wenang.

7.      Sebutkan dasar hukum pengadilan HAM!
Jawaban:
Di indonesia dasar hukum pengadilan HAM adalah UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 26 TAHUN 2000 TENTANG PENGADILAN HAK ASASI MANUSIA.

8.      Jelaskan dan beri contoh Kontras, LBH dan LSM!
Jawaban:
Kontras adalah suatu lembaga yang memiliki tujuan mewujudkan demokrasi yang berbasis pada keutuhan kedaulatan rakyat melalui landasan dan prinsip rakyat yang bebas dari ketakutan, penindasan, kekerasan dan berbagai bentuk pelanggaran hak asasi manusia atas alasan apapun, termasuk yang berbasis gender.
 LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) yang programnya berfokus pada upaya pengembangan kehidupan yang demokratis (demokratisasi) dan pengembangan HAM. contohnya antara lain YLBHI (Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia), Kontras (Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan), Elsam (Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat), PBHI (Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Asasi Indonesia).
LBH adalah lembaga bantuan hukum. Contohnya adalah pengacara.

9.      Siapa yang memilih anggota Komnas HAM?
Jawaban:
Pasal 83  (1) Anggota Komnas HAM berjumlah 35 (tiga puluh lima) orang yang dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesiaberdasarkan usulan Komnas HAM dan diresmikan Presiden selaku Kepala Negara.

10.  Jelaskan arti kejahatan genasida dan kemanusiaan!
Jawaban:
Kejahatan genosida adalah setiap perbuatan yang dilakukan untuk menghancurkan seluruh / sebagian bangsa, ras, kelompok, etnis dengan cara membunuh yang mengakibatkan penderitaan fisik dan mental yang berat terhadap anggota kelompok.
Contoh : Pembantaian suku bangsa Bosnia dan Kroasia di Yugoslavia oleh Serbia antara 1991 - 1996.
Kejahatan terhadap kemanusiaan adalah serangan secara luas atau sistematis yang ditujukan secara langsung terhadap penduduk sipil.
Contoh :  perbudakan, perampasan, pemerkosaan, pembunuhan, dll

11.  Sebutkan dasar hukum, fungsi, tugas dari lembaga: komnas HAM, Pengadilan HAM, LBH dan Biro Konsultasi Bantuan Hukum Perguruan Tinggi!
Jawaban:
Komnas HAM
Pada awalnya, Komnas HAM didirikan dengan Keputusan Presiden Nomor 50 Tahun 1993 tentang Komisi Nasional Hak Asasi Manusia. Sejak 1999 keberadaan Komnas HAM didasarkan pada Undang-undang, yakni Undang-undang Nomor 39 Tahun 1999. Tugas Komnas HAM menyelidiki pelanggaran hak asasi manusia yang berat.
Fungsi komnas HAM Pengkajian dan Penelitian, dengan tugas dan wewenang Pengkajian dan penelitian intrumen HAM internasional; Pengkajian dan penelitian peraturan per-uu-an; Penerbitan hasil kajian dan penelitian; Studi kepustakaan, lapangan, dan perbandingan; Pembahasan perlindungan, penegakan dan pemajuan HAM; Kerjasama pengkajian dan penelitian dengan pihak lain. Penyuluhan, dengan tugas dan wewenang: Penyebarluasan wawasan mengenai HAM; Peningkatan kesadaran masyarakat tentang HAM melalui lembaga pendidikan serta kalangan lainnya. Kerjasama dengan berbagai lembaga untuk melakukan penyuluhan
Pengadilan HAM
Pengadilan HAM dibentuk berdasarkan Undang-Undang No. 26 tahun 2000. Sebagai pengadilan khusus, pengadilan HAM berada di bawah lingkup peradilan umum dan berkedudukan di tingkat kabupaten/kota. Pengadilan HAM dibentuk khusus untuk mengadili pelanggaran HAM berat. 
LBH
 Surat Keputusan Nomor 001/Kep/10/1970 tanggal 26 Oktober 1970. Tujuan LBH memberikan bantuan hukum kepada Pencari Keadilan tanpa menerima pembayaran honorarium. Public service. Sehubungan dengan kondisi sosial ekonomi karena sebagian besar dari masyarakat kita tergolong tidak mampu atau kurang mampu untuk menggunakan dan membayar jasa advokat, maka Lembaga Bantuan Hukum memberikan jasa-jasanya dengan cuma – Cuma. Fungsi LBH adalah: Social education, Perbaikan tertib hukum, Pembaharuan hukum, Pembukaan lapangan kerja (labour market)., Practical training. 
Biro Konsultasi Bantuan Hukum Perguruan Tinggi
Tridaharma perguruan tinggi terdiri dari 3 macam pengabdian perguruan tinggi; yaitu; pengembangan, penelitian dan pengabdian masyarakat. Dalam rangka mewujudkan pengabdian pada masyarakat perguruan tinggi yang mempunyai fakultas hukum membentuk biro konsultasi dan Bantuan Hukum. Biro ini antara lain berperan sebagai:
1)    kantor, pusat kegiatan untuk memberikan layanan kepada semua pihak yang ingin berkonsultasi dan meminta bantuan di bidang hukum dan HAM
2)    Pelaksana program tridharma perguruan tinggi di bidang hukum dan HAM
Pelatihan dalam pembelaan dan penegakkan hukum dan HAM

12.  Sebutkan pokok pikiran pembukaan UUD 1945!
Jawaban:
a.       Alinea 1 yaitu negara persatuan : negara mengatasi segala paham golongan dan paham perseorangan
b.      Alinea 2 yaitu keadilan sosial : kesadaran bahwa manusia Indonesia mempunyai hak dan kewajiban yang sama untuk menciptakan keadilan sosial dalam masyarakat
c.       Alinea 3 yaitu kedaulatan rakyat berdasar atas kerakyatan, permusyawaratan / perwakilan
d.      Alinea 4 yaitu ke-Tuhanan YME menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab : mewajibkan pemerintah dan penyelenggara negara lainnya untuk memelihara budi pekerti kemanusiaan yang luhur dan cita-cita moral yang luhur

13.  Sebutkan contoh ancaman militer!
Jawaban:
a.       Agresi berupa penggunaan kekuatan bersenjata oleh negara lain terhadap kedaulatan negara, keutuhan wilayah negara, dan keselamatan segenap bangsa 
b.      Pelanggaran wilayah yang dilakukan oleh negara lain, baik menggunakan kapal maupun pesawat nonkomersial. 
c.       Spionase yang dilakukan oleh bangsa lain untuk mencari dan mendapatkan rahasia militer. 
d.      Sabotase untuk merusak instalasi penting militer dan objek vital nasional yang membahayakan keselamatan negara. 
e.       Aksi teror bersenjata yang dilakukan oleh jaringan terorisme internasional atau bekerja sama dengan terorisme dalam negeri. 
f.       Pemberontakan bersenjata. 

g.      Perang saudara yang terjadi antara kelompok masyarakat bersenjata dengan kelompok masyarakat bersenjata lainnya.

sekian pelajaran PKN yang dapat di share semoga bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai referensi untuk menyelesaikan tugas sekolah teman-teman .... ^_^ tetap semangat belajar ya !!!!!!!!!!!!!!!!

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 komentar:

Miliana mengatakan...

membantu banget makasih kak sudah berbagi yah

cara mengaktifkan kartu ponta

Posting Komentar