Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

Tips Mengecilkan Perut Buncit

Assalaamu'alaikum good people, kali ini saya mau share tentang cara dan tips yang dapat anda coba untuk diterapkan. Tips ini diambil dari sebuah situs tentang kesehatan  dan berikut pemaparannya. 
Perut Buncit
Cara dan tips mengecilkan perut buncit, antara lain : 


1. Selalu Bawa Air Putih 
Ide untuk membawa air putih (air mineral) kemanapun anda pergi sebenarnya telah sering kita dengar untuk keperluan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sedangkan dalam usaha untuk merampingkan ukuran perut yaitu, ketersediaan air putih mengurangi kemungkinan kita memenuhi kebutuhan hidrasi dengan minuman tinggi kandungan gula maupun bersoda. 

2. Belajar Kombinasi Makanan 
Sejak anda terpikir untuk melangsingkan perut, maka anda harus belajar untuk mengkombinasikan makanan. Istilah yang sangat sering kita dengar adalah 'food combining’. Makanan terkombinasi sekilas bisa saja dilihat dengan ragam dan jenis makanan yang kita konsumsi. Baik secara kuantitas maupun kualitas. Mulailah untuk tidak hanya bertumpu pada nasi sebagai sumber karbohidrat dalam jumlah berlebihan. 

3. Lupakan Fast Food 
Usaha untuk mengecilkan  perut buncit memang tidak semudah yang dibicarakan. Harus ada tekad yang kuat dan benar-benar diperjuangkan. Makan rame-rame di gerai 'makanan cepat saji’ dengan sajian utama ayam potong memang mengasyikkan, namun harus anda sadari jika menu-menu itu terlebih yang hanya disajikan dengan cara digoreng merupakan rintangan terbesar yang harus anda lalui. 

4. Selamat Tinggal Minuman Bersoda 
Ketika terik menyengat ubun-ubun anda, minuman bersoda bisa menjadi pahlawan saat itu. Namun tahukah anda, jika minuman bersoda merupakan sumber kalori yang sangat tinggi dengan nilai gizi dan nutrisi yang sangat rendah. Hal itu disebabakan oleh komposisi fruktosa yang ada pada minuman bersoda. Ketidakmampuan tubuh untuk memproses dengan baik kalori yang bersumber dari fruktosa tersebut hanya akan berakhir pada lemak di perut. 

5. Bukan Hanya Sit-Up 
Disaat terpikir untuk mengatasi perut buncit, maka sepintas akan langsung terpikir hari-hari yang dipenuhi dengan latihan sit-up secara berjam-jam dan dengan jumlah yang banyak.  Ternyata anggapan semacam itu tidak sepenuhnya benar, karena untuk mendapatkan perut yang rata dan ramping harus melakukan beberapa macam latihan seperti 'jalan kaki cepat’, 'jogging’, 'kardio’, Yoga, latihan beban dan lain-lain dalam jumlah secukupnya dan tidak berlebihan. Kontinyuitas akan lebih terasa hasilnya daripada latihan berlebihan yang dilakukan tanpa keteraturan jadwal. 

6. Bukan Sementara Waktu 
Sebelum melangkah terlebih jauh, upaya untuk mendapatkan perut langsing baik pada wanita maupun pria dilakukan bukan hanya karena perutnya gendut serta paha dan pantatnya yang terlampau besar. Akan tetapi, hal ini berbicara tentang kesehatan secara keseluruhan dan menjaga kebugaran tubuh selamanya.  Jadi, mulailah perubahan pola makan dan berbagai bentuk latihan dengan diniatkan sebagai menjalani hidup yang lebih berkualitas, bukan hanya kebutuhan sesaat. 

7. Tidak Berpikir Instan 
Sudah menjadi tabiat masyarakat modern, jika mendapati sebuah permasalahan, maka akan segera bertanya solusi instan-nya. Berhenti untuk mencari informasi seputar obat perut buncit, karena obat-obatan baik kimia maupun herbal tidak akan memberikan efek secara instan dalam hitungan hari. Jikapun ada obat semacam itu, maka kemungkinannya akan ada 2 hal. Pertama, tentang dampak kesehatan yang ditimbulkan. Dan kedua, jikapun aman untuk dikonsumsi maka pertanyaan selanjutnya adalah seberapa lamakah keampuhan obat perut buncit tersebut bekerja. 

8. Bukan Berarti Kelaparan 
Menghilangkan perut buncit bukan berarti melewatkan salah satu waktu makan, apakah itu sarapan, makan siang maupun makan malam. Apalagi jika harus mengalami kelaparan karena mengurangi makan secara ekstrim. Cara yang tepat adalah mengatur pola makan dan hanya mengkonsumsi makanan sehat dengan frekuensi yang tetap yakni makan tiga kali sehari, sarapan, siang dan malam. 

9. Berpikir Positif 
Pada berbagai aspek apapun, ternyata berpikir positif tetap menjadi sebuah langkah yang dapat mengubah keadaan ke arah yang lebih baik. Begitu pula dengan mengatasi dan mengecilkan perut buncit perlu dilandasi sebuah pikiran positif akan keberhasilan langkah yang diambil. Serta tidak membatasi diri atau menyiksa diri dengan melakukan diet ketat. Stress justru akan mempengaruhi pelepasan hormon dan menjadikan metabolisme tidak seimbang yang pada akhirnya akan mempengaruhi lemak tersisa dalam tubuh lebih banyak. 

10. Minum Air Putih Sebelum Makan 
Ternyata, ada sebuah kenyataan menarik seputar pola makan yang harus diperbaiki, yakni ketika perut sudah terisi air atau dalam artian anda tidak dalam kondisi haus, maka porsi makan seseorang akan menjadi realistis dan secukupnya. Hal ini tentunya akan berpengaruh pada jumlah kalori yang tersedia dan yang dibutuhkan oleh tubuh. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk minum air putih terlebih dahulu sebelum makan. 

11. Makan 5 Kali Sehari 
Daripada makan 3 kali sehari dengan jumlah yang 'luar biasa’, tips mengecilkan perut buncit justru menyarankan untuk makan 5 kali dalam jumlah yang ringan namun tetap sehat. Frekuensi lima kali makan memang tampak banyak, namun dengan jumlah yang 'ringan’ justru menjaga tubuh tetap dalam pemenuhan kebutuhan kalori yang seimbang. Hal ini tentunya sangat positif bagi anda yang mendambakan perut rata. 

12. Makan Secara Perlahan 
Orang tua kita sering mengingatkan untuk makan secara sopan dan tidak tergesa-gesa. Ternyata, hal itu juga memiliki pengaruh terhadap kesehatan khususnya lemak dalam perut. Karena makan secara perlahan akan menjaga anda untuk tetap makan dengan porsi yang proporsional dan seimbang. Jika tidak, tanpa sadar anda akan memasukkan memasukkan makanan dalam jumlah pesar ke dalam perut. 

13. Membiasakan Jalan Kaki 
Jangan abaikan kebiasaan yang satu ini. Jalan kaki yang telah menjadi sebuah kebiasaan akan menghantarkan anda pada kondisi yang sehat dan prima. Berat badan akan menjadi lebih ideal serta akan terbebas dari lemak yang tidak terpakai, tidak terkecuali lemak yang ada pada perut. Jika anda bekerja seharian dengan duduk, maka luangkan waktu antara 10-20 menit untuk berjalan kaki secara ringan, setidaknya untuk melatih jantung tetap berdebar secara rutin dan teratur. 

14. Olah Raga Renang 
Berenang merupakan sebuah aktivitas olah raga yang sangat menyenangkan dibanding dengan olah raga lainnya yang cenderung monoton dan membosankan. Tahukah anda, bahwa  renang dapat memberikan hasil yang fantastis sekaligus, yakni mengurangi kelebihan lemak baik dibagian perut, paha maupun pantat. Serta membentuk otot lebih indah sekaligus melatih organ jantung tetap sehat dengan debar yang kencang namun tetap teratur. 

15. Gantikan Makanan Manis 
Makan serba manis kadang memang menjadikan 'mood’ terasa lebih baik dalam menjalani hari. Namun, ketika makanan manis tersebut berasal dari permen maupun manisan yang kaya gula dan fruktosa hal itu justru akan menjadikan usaha untuk menghilangkan perut buncit anda menjadi gagal total. Gantikan makanan semacam itu dengan misalnya, buah kering tanpa gula, jus buah beku yang juga tanpa gula. 

16. Push-Up Secara Teratur 
Latihan Sit-Up untuk mendapatkan perut yang ramping dan indah, silahkan dikombinasikan sekaligus dengan latihan push-up secara benar. Push-Up yang baik, tepat dan dilakukan secara teratur akan memberikan kita otot-otot tubuh tanpa lemak serta akan menguatkan otot bagian inti, yakni otot sekitar dada ke bawah. 

17. Tidur Cukup dan Berkualitas 
Jangan abaikan satu faktor penting ini. Jika anda beranggapan bahwa untuk mengatasi perut buncit hanya dibutuhkan latihan dan diet, maka sudah waktunya untuk berpikir ulang. Berbagai referensi menyebutkan bahwa kecukupan waktu untuk beristirahat khususnya tidur malam hari memiliki peran yang sangat signifikan dalam upaya untuk memerangi permasalahan seputar obesitas dan postur tubuh yang tidak proporsional. 

18. Haram Minum Alkohol 
Secara agama, minum alkohol memang telah diharamkan. Terlebih bagi anda yang berusaha untuk mendapatkan tubuh lebih sehat tanpa perut buncit. Alkohol mempengaruhi kinerja dan fungsi organ hati. Dimana ketika organ hati seseorang terganggu, maka juga akan mempengaruhi kinerja pembakaran lemak secara alami pada tubuh seseorang yang bersangkutan. Jika dirunut ke belakang, kerusakan fungsi hati justru akan lebih banyak lagi dan tidak hanya sekedar penumpukan lemak pada bagian perut. 

19. Gantikan Pemakaian Lift 
Sehari-hari jika harus menggunakan lift untuk menuju tempat kerja anda, maka mengurangi penggunaan lift maupun eskalator merupakan salah satu solusi untuk membentuk otot pada bagian perut, paha, pantat yang lebih indah serta betis lebih jenjang. Memang tidak harus menggantikannya secara keseluruhan. Awalnya, memakai tangga untuk satu tingkat sebelum ruang kerja itu sudah menjadi ide yang sangat positif. 

20. Kurangi Asupan Garam 
Makanan instan maupun camilan yang disajikan dengan digoreng memiliki kecenderungan kandungan garam yang cukup tinggi. Garam memang dibutuhkan oleh tubuh, namun jika asupan secara berlebihan justru memiliki efek negatif untuk tubuh yang bersangkutan. Garam akan menyerap air, itu artinya membuat seseorang akan mudah haus meskipun sebenarnya tubuh tersebut belum membutuhkan. Serta garam itu pula menjadikan tubuh menyimpan air lebih banyak yang menjadikan seseorang tampak lebih buncit. 

21. Menjaga Motivasi Badan Ideal 
Ingat, mengatasi perut buncit bukanlah sebuah perkara mudah yang dapat dicapai dalam waktu semalam maupun hitungan hari. Usaha ini membutuhkan kerja ekstra dan keseriusan serta konsistensi. Oleh karena itu, motivasi untuk mendapatkan postur tubuh yang lebih ideal, ramping dengan postur yang lebih menarik harus tetap terjaga. Caranya bisa dengan menuliskan jurnal harian serta membaca dan menonton referensi seputar aktivitas untuk menurunkan berat badan. 

22. Dapatkan Sinar Matahari Pagi 
Jamak telah kita ketahui jika sinar matahari pagi bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh seseorang. Kaitannya dalam hal untuk menghilangkan dan mengempeskan lemak pada perut adalah vitamin D yang diperoleh dari paparan sinar matahari pagi dapat merangsang keluarnya hormon positif. Hal ini untuk menetralkan hormon berbahaya seperti kortisol yang dapat menghasilkan lemak jahat dan berlebih pada tubuh seseorang. 

23. Hidangan Sehat di Rumah 
Semangat untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat serta badan ideal itu artinya mulailah untuk mengurangi 'makan di luar’. Memang tidak harus sepanjang pekan, apalagi jika anda memiliki aktivitas dan rutinitas yang sangat padat. Namun, mengambil hari dalam seminggu untuk makan sehat di rumah adalah pilihan yang sangat beralasan. Hal ini dikarenakan hidangan yang disajikan pada rumah makan, restoran dan gerai 'fast food’ cenderung kurang proporsional, terlalu berlemak, kaya MSG (Monosodium Glutamat), dan tidak jarang pula yang memakai pengawet buatan. 

24. Mulailah Bersepeda 
Selain aktivitas olah raga berenang, bersepeda merupakan latihan menyenangkan yang bisa dimasukkan kedalam 'check-list’ daftar penting yang harus anda lakukan untuk menurunkan berat badan berlebih serta membuang sisa lemak yang bertahan di sekitar paha, pantat (bokong), pinggul maupun perut bagian bawah. Apalagi jika anda memutuskan untuk bersepeda ke kantor 'bike to work’, maka tidak perlu lagi bertanya tentang bagaimana cara menghilangkan lemak di perut. Semuanya telah terpecahkan. 

25. Latihan Senam Pernapasan 
Rasanya terdengar 'aneh bin ajaib’ jika upaya untuk menurunkan berat badan serta diet cepat dan sehat dihubungkan dengan latihan pernapasan. Namun fakta dan kenyataannya memang seperti itu. Latihan senam pernafasan dilakukan untuk melatih seseorang tetap tenang dengan menjaga ritme nafas agar senantiasa teratur, nyaman dan rileks. Hal ini dilakukan untuk memastikan seseorang terhindar dari stress dan kecemasan serta pikiran kacau yang memicu keluarnya hormon merugikan jika dalam jumlah berlebih seperti kortisol. 

26. Santai Saja 
Terdapat banyak sekali saran, tips maupun tehnik-tehnik untuk membakar dan mengurangi lemak di perut akan tetapi anda merasa tidak ada perubahan berarti bahkan ketika anda telah menghabiskan obat pelangsing sekalipun. Jawabannya adalah karena anda terlalu tegang dan fokus pada cara-cara tersebut sehingga justru tidak dapat menikmati hari dengan rileks. Jalani saja hari dengan santai dan bertekadlah untuk mengubah 'habits’ (kebiasaan) menjadi lebih baik dan tidak hanya berpikir tentang target badan ideal serta cara meratakan perut. 

 27. Kenali Penyebab Perut Buncit

Untuk melengkapi motivasi dalam berjuang untuk memerangi lemak yang sebabkan kegendutan adalah mengenai apa saja penyebab perut buncit. Berikut beberapa penyebab yang memungkinkan, antara lain : 

  • 1. Makanan Instan
  • 2. Stress (Pikiran Kacau)
  • 3. Mudah Emosi
  • 4. Hidup Bermalasan
  • 5. Makanan Tidak Seimbang
  • 6. Porsi Berlebih Sekali Makan
  • 7. Malas Berolahraga
  • 8. Kebiasaan Tidur Pagi Hari
  • 9. Kebiasaan Begadang (Tidur Larut)
  • 10. Makanan Cepat Saji
  • 11. Asupan Garam Berlebih
  • 12. Terlalu Banyak Duduk
  • 13. Makan Tidak Dikunyah
  • 14. Minum Alkohol
  • 15. Minuman Bersoda
  • 16. Asupan Gula Terlalu Banyak 


Sekian info kali ini semoga bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai referensi ya good people ^_^
[sumber click me]

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

Obat Herbal Hernia mengatakan...

terimakasih banyak, sangat menarik sekali...

Cara Membuka Aura mengatakan...

Percayakah Anda dengan membuka Aura seseorang bisa Membuat anda semakin cantik dan tampil mempesona . .

kami punya jawabanya silahkan klik disini ==> Cara Membuka Aura Kecantikan

Miliana mengatakan...

makasih tipsnya sangat membantu sekali

kantor pusat alfamart jakarta

Posting Komentar