Tugas kisi- kisi UAS TIK
1.
Jelaskan mengapa diperlukannya media
dalam pembelajaran matematika di sekolah?
Jawaban
:
a. Matematika
merupakan pelajaran yang abstrak
b. Sifat
materi matematika sulit untuk dipahami
c. Tingkat
pemahaman siswa masih konkrit
d. Hirarki
matematika itu ketat dan kuat
e. Aplikasi
matematika kurang nyata
f.
Belajar matematika perlu fokus
g. Motivasi
belajar siswa masih rendah
2.
Jelaskan tentang pembelajaran berbasis
komputer beserta keugggulannya!
Jawaban
:
Pembelajaran berbasis
komputer adalah penggunaan suatu komputer untuk membantu menyajikan materi
pembelajaran kepada siswa, memantau kemajuan belajarnya atau memilih bahan
pembelajaran tambahan yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa secara
individual.
Pembelajaran
berbasis komputer mempunyai beberapa kelebihan, Wena (2011:204)
menyebutkan ada 11 kelebihan maupun keuntungan yang akan diperoleh dengan
pembelajaran berbasis komputer, yaitu:
a.
Memberi kesempatan kepada siswa untuk
memecahkan masalah secara individual
b.
Menyediakan presentasi yang menarik
dengan animasi
c.
Menyediakan pilihan isi pembelajaran
yang banyak dan beragam
d.
Mampu membangkitkan motivasi siswa dalam
belajar
e.
Mampu mengaktifkan dan menstimulasi
metode mengajar dengan baik
f.
Meningkatkan pengembangan pemahaman
siswa terhadap materi yang disajikan
g.
Merangsang siswa belajar dengan penuh
semangat, materi yang disajikan mudah dipahami oleh siswa.
h.
Siswa mendapat pengalaman yang bersifat
konkret, retensi siswa meningkat
i.
Memberi umpan balik secara langsung
j.
Siswa dapat menentukan sendiri laju
pembelajaran
k.
Siswa dapat melakukan evaluasi diri
3.
Jelaskan jenis-jenis interaksi
pembelajaran berbasis komputer beserta karakteristiknya. Beri ilustrasi beserta
contoh topik matematka yang relevan. (5 interaksi)!
Jawaban
:
a.
Drill and practice (praktek dan latihan)
Karakeristiknya
: komputer memberikan soal-soal mengenai suatu topik untuk dipecahkan oleh
peserta didik dan komputer memberikan umpan balik berdasarkan respon peserta
didik tersebut..
b.
Tutorial (tutor)
Karakteristiknya:
mengajarkan informasi baru mengenai suatu topik pelajaran.
c.
Games (permainan)
Karakteristiknya:
berfungsi sebagai penyaji bahan pelajaran baru atau juga sebagai penguat
terhadap pelajaran yang telah diperoleh peserta didik melalui kegiatan lain.
d.
Simulation (simulasi)
Karakteristiknya : komputer
menyediakan simulasi atau model suatu konsep atau kejadian untuk diberi masukan
oleh peserta didik dan komputer akan memberi respon terhadap masukan tersebut
sebagaimana sistem yang sesungguhnya akan bertindak.
e.
Discovery (penemuan)
Karakteristiknya : siswa mencari
informasi dan membuat kesimpulan dari sejumlah informasi yang telah
dipelajarinya. Berdasarkan proses belajar yang dilakukan siswa dapat menemukan konsep
dan pengetahuan baru yang belum pernah dipelajari sebelumnya.
f.
Problem solving (pemecahan masalah)
Karakteristinya : Siswa dituntut
untuk berpikir logis dan sistematis dalam memecahkan suatu permasalahan. Umpan
balik dapat dipergunakan oleh siswa untuk mengetahui tingkat keberhasilannya
dalam memecahka soal atau masalah berdasarkan tingkat kesulitan yang dikandung
di dalamnya.
4.
Jelaskan bagaimana anda memanfaatkan
teknologi internet dalam kegiatan pembelajaran di dalam atau di luar kelas!
Jawaban
:
a.
Memadukan model pembelajaran tatap muka
dengan aktivitas belajar online, video, multimedia dan sarana telekomunikasi
menunjang berbagai proses pembelajaran..
b.
Pendidikan jarak jauh dengan menciptakan
komunikasi yang dinamis dan bervariasi sesuai keinginan siswa dan guru. Dapat
terjadi dalam berbagai bentuk seperti e-mail, mailing list, chat, bulletin
board, and konferensi komputer.
c.
Menggunakan software-software yang mampu
menunjang untuk memecahkan masalah pada saat mengalami kesulitan dalam
memecahkan masalah.
d.
Memberikan tugas mandiri maupun kelompok
dengan sumber bahan dari Internet.
e.
Mengharuskan siswa untuk mengumpulkan
tugas dengan cara mengirimkan e-mail dan sejenisnya.
f.
Diadakan semacam Quis yang dapat
dilakukan melalui website ataupun blog yang sudah diakses.
g.
Menerbitkan bahan ajar yang dikembangkan
di Internet dan berbagi pengalaman mengajar.
h.
Dengan menggunaan perangkat komunikasi
berbasis komputer dan kelompok belajar berbasis web, siswa dapat menerapkan
pengetahuan yang dimiliknya dengan mengkombinasikan usaha mereka untuk
mengembangkan suatu aktivitas atau proyek.
i.
TIK meningkatkan fungsi perpustakaan dan
mengubah peran pustakawan secara hakiki.
5.
Jelaskan perbedaan antara pembelajaran
berbasis komputer (Computer-Based
learning) dengan pembelajaran berbantuan komputer (Computer-Asissted Learing). Berikut ilustrasi atau contohnya secara
singkat.!
Jawaban
:
Perbedaan
CBL dan CAL adalah:
a. CAL
penggunaan komputer hanya terbatas untuk membantu proses pembelajaran yang
membantu siswa mencapai tujuan pembelajarannya, guru atau pengajar tetap
menjadi acuan utama dalam proses pembelajaran ini, dengan demikian komputer
hanya sebagai pemdamping guru atau pengajar saja.
Ilustrasinya : Seorang guru memberikan
materi pembelajaran kepada siswa dengan menggunakan power point sebagai media
pembelajarannya.
b. CBL
pemanfaatan aplikasi-aplikasi yang ada pada komputer yang memungkinkan siswa
untuk belajar mandiri, sehingga dalam CBL komputer menjadi acuan utama sebagai
proses belajar siswa.
Ilustrasinya : Siswa yang
memecahkan soal matematika dengan bantuan software matematika.
6.
Jelaskan pengertian open Learning,
distance learning, on-line learning dan e-learning.
Jawaban :
Open
Learning (Siahaan) adalah system pendidikan yang tidak mensyaratkan adanya
pembatasan usia, pengalaman pendidikan sebelumnya, masa belajar dll.
Distance
learning (Preeton dan Creed) adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan
dimana antara guru dan murid tidak bertatap muka seperti pendidikan
konvensional, melainkan dipisahkan oleh jarak dan waktu.
On-line
Learning adalah
pembelajaran yang memfasilitasi pembelajaran lebih luas, lebih banyak dan lebih
bervariasi.
E-Learning
(Hartley) merupakan suatu jenis belajar mengajar
yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet,
Intranet atau media jaringan komputer lain.
Jawaban
:
Ya,
karena e-learning merupakan model pembelajaran yang dilakukan melalui internet
sehingga memungkinkan untuk dapat melakukan pembelajaran melalui jarak jauh.
8.
Apakah distance learning selalu menjadi bagian
dari on-line learning? Mengapa!
Jawaban
:
Ya,
karena distance learning merupakan pembelajaran jarak jauh yang memungkinkan
terjadinya suatu pembelajaran yang lebih bervariasi dan pembelajaran akan lebih
luas karena akan berusaha untuk belajar secara mandiri, dan sudah diketahui
sebelumnya bahwa cara setiap orang dalam melakukan pembelajaran berbeda-beda.
0 komentar:
Posting Komentar