Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

Kisi-kisi UAS media pembelajaran matematika

Tugas kisi- kisi UAS TIK

1.      Jelaskan mengapa diperlukannya media dalam pembelajaran matematika di sekolah?
Jawaban :
a.       Matematika merupakan pelajaran yang abstrak
b.      Sifat materi matematika sulit untuk dipahami
c.       Tingkat pemahaman siswa masih konkrit
d.      Hirarki matematika itu ketat dan kuat
e.       Aplikasi matematika kurang nyata
f.        Belajar matematika perlu fokus
g.       Motivasi belajar siswa masih rendah

2.      Jelaskan tentang pembelajaran berbasis komputer beserta keugggulannya!
Jawaban :
Pembelajaran berbasis komputer adalah penggunaan suatu komputer untuk membantu menyajikan materi pembelajaran kepada siswa, memantau kemajuan belajarnya atau memilih bahan pembelajaran tambahan yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa secara individual.
Pembelajaran berbasis komputer  mempunyai beberapa kelebihan, Wena (2011:204) menyebutkan ada 11 kelebihan maupun keuntungan yang akan diperoleh dengan pembelajaran berbasis komputer, yaitu:
a.         Memberi kesempatan kepada siswa untuk memecahkan masalah secara individual
b.         Menyediakan presentasi yang menarik dengan animasi
c.         Menyediakan pilihan isi pembelajaran yang banyak dan beragam
d.         Mampu membangkitkan motivasi siswa dalam belajar
e.         Mampu mengaktifkan dan menstimulasi metode mengajar dengan baik
f.           Meningkatkan pengembangan pemahaman siswa terhadap materi yang disajikan
g.         Merangsang siswa belajar dengan penuh semangat, materi yang disajikan mudah dipahami oleh siswa.
h.         Siswa mendapat pengalaman yang bersifat konkret, retensi siswa meningkat
i.           Memberi umpan balik secara langsung
j.           Siswa dapat menentukan sendiri laju pembelajaran
k.         Siswa dapat melakukan evaluasi diri

3.      Jelaskan jenis-jenis interaksi pembelajaran berbasis komputer beserta karakteristiknya. Beri ilustrasi beserta contoh topik matematka yang relevan. (5 interaksi)!
Jawaban :
a.         Drill and practice (praktek dan latihan)
Karakeristiknya : komputer memberikan soal-soal mengenai suatu topik untuk dipecahkan oleh peserta didik dan komputer memberikan umpan balik berdasarkan respon peserta didik tersebut..
b.         Tutorial (tutor)
Karakteristiknya: mengajarkan informasi baru mengenai suatu topik pelajaran.
c.         Games (permainan)
Karakteristiknya: berfungsi sebagai penyaji bahan pelajaran baru atau juga sebagai penguat terhadap pelajaran yang telah diperoleh peserta didik melalui kegiatan lain.
d.         Simulation (simulasi)
Karakteristiknya : komputer menyediakan simulasi atau model suatu konsep atau kejadian untuk diberi masukan oleh peserta didik dan komputer akan memberi respon terhadap masukan tersebut sebagaimana sistem yang sesungguhnya akan bertindak.
e.         Discovery (penemuan)
Karakteristiknya : siswa mencari informasi dan membuat kesimpulan dari sejumlah informasi yang telah dipelajarinya. Berdasarkan proses belajar yang dilakukan siswa dapat menemukan konsep dan pengetahuan baru yang belum pernah dipelajari sebelumnya.
f.           Problem solving (pemecahan masalah)
Karakteristinya : Siswa dituntut untuk berpikir logis dan sistematis dalam memecahkan suatu permasalahan. Umpan balik dapat dipergunakan oleh siswa untuk mengetahui tingkat keberhasilannya dalam memecahka soal atau masalah berdasarkan tingkat kesulitan yang dikandung di dalamnya.

4.      Jelaskan bagaimana anda memanfaatkan teknologi internet dalam kegiatan pembelajaran di dalam atau di luar kelas!
Jawaban :
a.         Memadukan model pembelajaran tatap muka dengan aktivitas belajar online, video, multimedia dan sarana telekomunikasi menunjang berbagai proses pembelajaran..
b.         Pendidikan jarak jauh dengan menciptakan komunikasi yang dinamis dan bervariasi sesuai keinginan siswa dan guru. Dapat terjadi dalam berbagai bentuk seperti e-mail, mailing list, chat, bulletin board, and konferensi komputer.
c.         Menggunakan software-software yang mampu menunjang untuk memecahkan masalah pada saat mengalami kesulitan dalam memecahkan masalah.
d.         Memberikan tugas mandiri maupun kelompok dengan sumber bahan dari Internet.
e.         Mengharuskan siswa untuk mengumpulkan tugas dengan cara mengirimkan e-mail dan sejenisnya.
f.           Diadakan semacam Quis yang dapat dilakukan melalui website ataupun blog yang sudah diakses.
g.         Menerbitkan bahan ajar yang dikembangkan di Internet dan berbagi pengalaman mengajar.
h.         Dengan menggunaan perangkat komunikasi berbasis komputer dan kelompok belajar berbasis web, siswa dapat menerapkan pengetahuan yang dimiliknya dengan mengkombinasikan usaha mereka untuk mengembangkan suatu aktivitas atau proyek.
i.           TIK meningkatkan fungsi perpustakaan dan mengubah peran pustakawan secara hakiki.

5.      Jelaskan perbedaan antara pembelajaran berbasis komputer (Computer-Based learning) dengan pembelajaran berbantuan komputer (Computer-Asissted Learing). Berikut ilustrasi atau contohnya secara singkat.!
Jawaban :
Perbedaan CBL dan CAL adalah:
a.       CAL penggunaan komputer hanya terbatas untuk membantu proses pembelajaran yang membantu siswa mencapai tujuan pembelajarannya, guru atau pengajar tetap menjadi acuan utama dalam proses pembelajaran ini, dengan demikian komputer hanya sebagai pemdamping guru atau pengajar saja.
Ilustrasinya : Seorang guru memberikan materi pembelajaran kepada siswa dengan menggunakan power point sebagai media pembelajarannya.
b.      CBL pemanfaatan aplikasi-aplikasi yang ada pada komputer yang memungkinkan siswa untuk belajar mandiri, sehingga dalam CBL komputer menjadi acuan utama sebagai proses belajar siswa.
Ilustrasinya : Siswa yang memecahkan soal matematika dengan bantuan software matematika.

6.      Jelaskan pengertian open Learning, distance learning, on-line learning dan e-learning.
Jawaban :
Open Learning (Siahaan) adalah system pendidikan yang tidak mensyaratkan adanya pembatasan usia, pengalaman pendidikan sebelumnya, masa belajar dll.
Distance learning (Preeton dan Creed) adalah suatu bentuk penyelenggaraan pendidikan dimana antara guru dan murid tidak bertatap muka seperti pendidikan konvensional, melainkan dipisahkan oleh jarak dan waktu.
On-line Learning adalah pembelajaran yang memfasilitasi pembelajaran lebih luas, lebih banyak dan lebih bervariasi.
E-Learning (Hartley) merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain.

7.      Apakah e-learning dapat dianggap sebagai bagian dari distance learning? Jelaskan!
Jawaban :
Ya, karena e-learning merupakan model pembelajaran yang dilakukan melalui internet sehingga memungkinkan untuk dapat melakukan pembelajaran melalui jarak jauh.

8.      Apakah distance learning selalu menjadi bagian dari on-line learning? Mengapa!
Jawaban :
Ya, karena distance learning merupakan pembelajaran jarak jauh yang memungkinkan terjadinya suatu pembelajaran yang lebih bervariasi dan pembelajaran akan lebih luas karena akan berusaha untuk belajar secara mandiri, dan sudah diketahui sebelumnya bahwa cara setiap orang dalam melakukan pembelajaran berbeda-beda.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar