Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

Pendekatan Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif

Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Menurut Bogdan & Taylor (Arifin, 2012) penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Secara singkat penelitian kualitatif dapat dinyatakan sebagai penelitian yang jenis datanya bersifat non-angka (Musfiqon, 2012).

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena instrumen penelitian yang digunakan berupa angket, lembar observasi dan lembar validasi. Hasil pengolahan data angket, lembar observasi dan lembar validasi akan disajikan secara deskriptif. Instrumen angket, lembar observasi dan lembar validasi merupakan instrumen untuk mengumpulkan data berupa proses penelitian. Hal ini sejalan dengan pernyataan Arifin (2012:142) bahwa data yang diperlukan untuk penelitian kualitatif merupakan data yang berhubungan dengan suatu proses interaksi. Dalam penelitian ini interaksi yang dimaksud adalah proses pembelajaran di kelas.
Selain pendekatan kualitatif, penelitian ini juga menggunakan pendekatan kuantitatif. Arifin (2012) menyatakan bahwa penelitian kuantitatif merupakan penelitian yang menggunakan statistik dalam menganalisis data. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dikarenakan terdapat data berupa angka yang diperoleh dari hasil tes kemampuan pemahaman matematik siswa. Data tersebut akan diolah secara statistik dan akan ditafsirkan sesuai dengan tujuan penelitian.
Sugiyono (2014) menyatakan bahwa penelitian kuantitatif dan kualitatif dapat digunakan bersamaan dengan syarat:
a.         Digunakan bersamaa dan pada objek yang sama namun dengan tujuan yang berbeda. Kualitatif digunakan untuk menemukan hipotesis sedangkan kuantitatif digunakan untuk menguji hipotesis.
b.        Digunakan secara bergantian, tahap awal digunakan kualitiatif untuk menemukan hipotesis selanjutnya hipotesis diuji dengan kuantitatif.

sumber:
Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Musfiqon, M. (2012). Panduang Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Ruseffendi. . (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensi dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alvabeta.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar