Pendekatan
yang digunakan pada penelitian
ini adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Menurut Bogdan & Taylor
(Arifin, 2012) penelitian kualitatif adalah prosedur penelitian yang
menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari
orang-orang dan perilaku yang diamati. Secara singkat penelitian kualitatif
dapat dinyatakan sebagai penelitian yang jenis datanya bersifat non-angka (Musfiqon,
2012).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif karena
instrumen penelitian yang digunakan berupa angket, lembar observasi dan lembar
validasi. Hasil pengolahan data angket, lembar observasi dan lembar validasi
akan disajikan secara deskriptif. Instrumen angket, lembar observasi dan lembar
validasi merupakan instrumen untuk mengumpulkan data berupa proses penelitian. Hal
ini sejalan dengan pernyataan Arifin (2012:142) bahwa data yang diperlukan
untuk penelitian kualitatif merupakan data yang berhubungan dengan suatu proses
interaksi. Dalam penelitian ini interaksi yang dimaksud adalah proses
pembelajaran di kelas.
Selain pendekatan kualitatif, penelitian ini juga
menggunakan pendekatan kuantitatif. Arifin (2012) menyatakan bahwa penelitian
kuantitatif merupakan penelitian yang menggunakan statistik dalam menganalisis
data. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dikarenakan terdapat
data berupa angka yang diperoleh dari hasil tes kemampuan pemahaman matematik
siswa. Data tersebut akan diolah secara statistik dan akan ditafsirkan sesuai
dengan tujuan penelitian.
Sugiyono (2014) menyatakan bahwa penelitian kuantitatif
dan kualitatif dapat digunakan bersamaan dengan syarat:
a.
Digunakan bersamaa dan pada objek yang sama namun dengan
tujuan yang berbeda. Kualitatif digunakan untuk menemukan hipotesis sedangkan
kuantitatif digunakan untuk menguji hipotesis.
b.
Digunakan secara bergantian, tahap awal digunakan
kualitiatif untuk menemukan hipotesis selanjutnya hipotesis diuji dengan
kuantitatif.
sumber:
Arifin, Z. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Musfiqon, M. (2012). Panduang Lengkap Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT
Prestasi Pustakaraya.
Ruseffendi. . (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensi dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:
Alvabeta.
0 komentar:
Posting Komentar