Diberdayakan oleh Blogger.
RSS
Container Icon

DESAIN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERDASARKAN PENDEKATAN SAINTIFIC UNTUK AKTIF BELAJAR MATEMATIKA DI SEKOLAH PADA MATERI PECAHAN

Masalah yang sering muncul pada pembelajaran matematika adalah kurangnya kemampuan siswa dalam memecahkan masalah.  Salah satu faktor penyebab masalah tersebut adalah pendekatan pembelajaran yang digunakan masih berbentuk konvensional. Dengan kata lain pembelajaran masih berpusat pada guru. Guru merupakan satu-satunya sumber pembelajaran. Siswa dijadikan sebagai objek pembelajaran.
Pembelajaran aktif menjadi salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut. Pembelajaran aktif adalah suatu kegiatan pembelajaran yang berpusat pada siswa. Pada pembelajaran aktif, siswa dijadikan sebagai subjek pembelajaran. Sehingga siswa aktif dalam pembelajaran. Untuk melakukan pembelajaran aktif harus didukung oleh pendekatan pembelajaran yang tepat. Salah satunya adalah pendekatan saintifik. Pendekatan saintifik merupakan suatu pendekatan yang mengedepankan penalaran secara induktif. Selain pendekatan, bahan ajar juga menjadi faktor pendukung terjadinya pembelajaran aktif. Banyak sekali macam-macam bahan ajar. Bahan ajar yang paling sederhana adalah lembar kegiatan siswa.
Lembar kegiatan siswa harus didesain sedemikian rupa sehingga dapat membimbing siswa melakukan pembelajaran aktif. Pada pelajaran matematika, pembelajaran aktif terjadi ketika siswa dilibatkan secara aktif untuk berfikir tingkat tinggi dan berfikir kreatif. Lembar Kegiatan Siswa didesain untuk membimbing siswa melakukan penemuan suatu konsep.

Desain lembar kegiatan siswa yang baik harus mengkolaborasikan komponen penyusun Lembar Kegiatan Siswa dengan langkah-langkah pendekatan saintifik. Komponen penyusun Lembar kegiatan siswa terdiri dari: judul kegiatan, tujuan pembelajaran, alat dan bahan, prosedur kerja, table data (jika ada) dan bahan diskusi serta proseduk pengerjaan atau langkah pengerjaan. Kalimat yang digunakan untuk penyusunan lembar kegiatan siswa harus diperhatikan. Kalimat yang digunakan pada Lembar Kegiatan Siswa harus jelas dan mudah untuk difahami.  Prosedur kerja harus disusun oleh kalimat perintah dan kalimat tanya. Kalimat perintah akan memabantu siswa dalam melakukan langkah-langkah penyelesaian soal secara sistematis. Kalimat tanya dimaksudkan untuk merangsang siswa berfikir dan mengemukakan pendapat secara kreatif.
Langkah-langkah pendekatan saintifik terdiri dari: mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan jejaring. Pada proses mengamati, guru harus mempersiapkan soal untuk diamati siswa pada Lembar Kegitan Siswa. Pada proses menanya, guru harus memunculkan suatu pernyataan yang membuat siswa ingin tahu serta berusaha menggali informasi dengan cara bertanya. Pada proses menalar, guru harus mempersiapkan langkah-langkah pengerjaan soal secara runtut sehingga siswa mampu menyimpulkan suatu konsep. Proses mencoba, guru mempersiapkan soal yang dapat dikerjakan oleh startegi yang ditemukan oleh siswa. Sebagai tahap akhir yaitu proses jejaring, guru memberikan suatu lembar kosong untuk siswa membandingkan hasil pekerjaan kelompoknya dengan pekerjaan kelompok lain.
Pada langkah-langkah pengerjaan Lembar Kegiatan Siswa harus memuat kalimat Tanya “bagaimana?” dan “mengapa?”. Tujuannya untuk merangsang siswa mengemukakan gagasannya secara bebas dan kreatif. Hal ini akan membiasakan siswa mengeksplorasi gagasan kreatifnya dalam mengerjakan soal pemecahan masalah. Pada saat siswa mengerjakan Lembar Kegiatan, guru berperan sebagai mentor. Tujuannya agar siswa tidak salah konsep dalam melakukan eksplorasi gagasan mereka. Guru harus memberikan penguatan serta memberikan klarifikasi jika terdapat siswa yang melenceng dari konsep yang seharusnya.
LKS lebih baik jika berisi soal kontekstual. LKS juga dapat dilengkapi dengan gambar. Pengerjaan LKS sebaiknya dilakukan secara berkelompok. Tujuannya agar siswa dapat berkolaborasi dengan teman kelompoknya. LKS akan memberikan manfaat secara tidak langsung pada proses pembelajaran siswa. Salah satunya meningkatkan kemampuan membaca. Dengan LKS, siswa harus teliti membaca petunjuk. LKS akan mengajarkan siswa untuk berfikir secara sistematis melalui langkah-langkah pengerjaan. 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar